Skip to main content

Diklat Pembuatan Blog Pembelajaran untuk Guru dan Siswa

Manfaat Blogging Bagi Guru

Istilah blogging mungkin sudah tidak asing lagi bagi guru-guru yang lama memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhannya tentang informasi. Tetapi bagi mereka yang baru berkenalan dengan internet, istilah blogging terkesan asing. Ya, blogging memang berkait dengan kegiatan publikasi tulisan (bisa juga media lain seperti musik, foto, film, dll.) di internet. Tujuannya untuk berbagi agar yang kita punya (pengalaman atau pengetahuan atau media lain tersebut) bisa juga dimiliki oleh orang lain.


Blogging, dari kata web-log -> blog -> blogging, dapat diartikan sebagai kegiatan mempublish tulisan atau foto atau media lain di blog. Dengan demikian apa yang kita anggap penting dan bermanfaat, yang kita publish, dapat dibaca atau diketahui oleh orang lain yang kebetulan mampir di blog kita.





Berikut adalah beberapa manfaat blogging bagi guru:
Blog menjadi sarana untuk berbagi. Karena blogging terkait dengan publishing di blog, maka blogger dapat membagi pengalaman atau “kepemilikan” lainnya kepada orang lain. Pengalaman adalah segala sesuatu yang pernah dialami oleh seseorang dalam hidupnya. Boleh jadi pengalaman kita merupakan hal yang biasa-biasa saja bagi kita; namun bagi orang lain, bisa saja pengalaman yang kita anggap biasa itu justru sangat bermanfaat. Sebab itu melalui share kita di blog, kita dapat membantu teman mengatasi persoalan pribadinya.
Membangun trade mark pribadi. Sebagai guru, hampir setiap hari kita menyampaikan kebaikan-kebaikan kepada murid-murid kita, baik melalui pembelajaran tatap muka maupun dalam bentuk bimbingan dan konseling. Dalam pelaksanaan tugas tersebut tidak jarang kita menemukan “sesuatu” yang unik, apakah itu dari siswa kita yang “sukses” atau “belum sukses”, atau dari diri kita sendiri yang mendapati sesuatu di luar perhitungan awal kita. Hal-hal demikian dapat kita share di blog kita, dan teman-teman pengunjung blog (yang membaca tulisan) kita akan ikut merasakan hal-hal yang unik tersebut. Bisa saja, tulisan kita tersebut menginspirasi mereka untuk menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi. Nah, kalau yang kita share di blog ternyata dapat menginspirasi atau memotivasi dan bermanfaat bagi banyak orang, alangkah indahnya …. Blog Anda akan sering dikunjungi, dan tulisan-tulisan Anda akan selalu dinanti oleh pengunjung setia Anda.
 Sebagai sarana berbisnis online. Untuk yang satu ini–berbisnis online, rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Semakin banyak orang yang memanfaatkan jasa internet untuk berbisnis. Ada yang mengembangkan bisnis offline-nya dengan membuat website atau blog khusus, untuk menyampaikan informasi mengenai produk yang ditawarkannya. Ada pula yang khusus memanfaatkan jasa internet untuk berbisnis. Dalam hal ini, blog dapat disulap menjadi Toko Online. Dalam toko tersebut ditawarkan bermacam-macam produk pilihan, lengkap dengan harga dan cara pemesanannya. Kelebihan toko yang memanfaatkan jasa internet adalah pangsa pasar menjadi sangat luas.

Guru dan Siswa SMK BOPKRI Wates Pelatihan pembuatan Blog
Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Guru dan Siswa dalam rangka Pengembangan dan Pelestarian Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, SMK BOPKRI Wates Kulon Progo mengadakan Diklat Pembuatan Blog Pembelajaran selama 4 hari mulai tanggal 13-17 Desember 2013, dengan harapan semua guru memiliki Blog untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah.



Comments

Popular posts from this blog

PADUS KOREM

KOREM YK, 6 SEPTEMBER 2016 LOMBA PADUAN SUARA DALAM RANGKA KOMSOS KREATIF KOREM DIY                 Perjuangan Tim Paduan Suara SMK BOPKRI Wates berlanjut hari ini. Tim Paduan Suara SMK BOPKRI Wates kembali tampil untuk lomba Paduan Suara di Korem Yogyakarta mewakili Kabupaten Kulon Progo. Dengan kostum rompi berwarna merah maroon, Tim Paduan Suara SMK BOPKRI Wates tampil lebih mantap dibandingkan dengan penampila di Kodim sebelumnya.

Sertijab Kepala Sekolah 2019

Perjalanan dua periode perjalanan kepemimpinan Bapak Drs. Harsoyo Supriyadi, M.Eng telah terpenuhi. Dan hari ini, 8 Januari 2019 adalah hari di mana estafet kepemimpinan SMK BOPKRI Wates dialihkan kepada pemimpin baru. Berdasarkan keputusan Ketua Yayasan BOPKRI Yogyakara, jabatan Kepala Sekolah telah dialihkan kepada Bapak Drs. Joko Wigati. Beliau adalah mantan Kepala Sekolah SMA BOPKRI Banguntapan, yang kebetulan telah memenuhi masa jabatan Kepala Sekolahnya selama dua periode. Bagi teman-teman yang mengikuti Perkemahan Gabungan SMK BOWAT bersama SMA BOBAYO tentu tidak asing dengan beliau. Penandatanganan Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah Pemberian Kenang-kenangan untuk Kepala Sekolah lama .. Semoga bersama kepemimpinan Kepala Sekolah yang baru, SMK BOPKRI Wates akan lebih baik dalam segala segi, baik dari pelayanan maupun profesionalitas. Dan untuk Kepala Sekolah lama, semoga Tuhan memberkati selalu pelayanan beliau, di mana pun beliau berada.

PADUS KODIM

GEDUNG KESENIAN, 30 AGUSTUS 2016                 Tim Paduan Suara SMK BOPKRI Wates unjuk kebolehan dalam lomba Paduan Suara yang diadakan oleh Kodim 0731/Klp dalam rangka Komunikasi Sosial Terintegrasi TA 2016.